Rabu, 16 Desember 2009

Mata Pelajaran Pengolahan Biofuel



Indonesia yang kaya akan sumber daya alam nabati adalah modal besar yang bila dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik akan dapat diolah menjadi sumber bahan bakar nabati yang terbarukan (biofuel) sehingga krisis pangan dan energi di indonesia akan dapat teratasi dan Indonesia akan menjadi negara yang tahan terhadap krisis pangan dan energi.

Pengenalan dan penanganannya memang harus sedini mungkin terutama kepada para generasi muda kita agar tidak ikut-ikutan tergantung dengan fossilfuel. Bahkan pengolahan biofuel masuk dalam mata pelajaran sebuah smk di Bantul, yaitu di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul DIY. Program Keahlian ini berdiri sejak Juni 2008. Resmi mendapatkan Akta melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Bantul no 108/2008. Konsentrasi ini masih mengikuti kurikulum Teknologi Hasil Pertanian dengan ditambahkan beberapa kompetensi pendukung untuk pengolahan sumber bahan baku nabati/hasil pertanian menjadi bahan bakar nabati terbarukan (biofuel) yang dapat menggantikan bahan bakar minyak.Antara lain pengolahan umbi-umbian untuk dibuat ethanol.

Ayo terus galakkan biofuel,kurangi ketergantungan fossilfuel. Minimal kita ikut mewacanakan kepada masyarakat luas.Lets go green……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar